Nasi Ayam Hainan Dengan Jamur Shiitake

Aku memang sudah berniat dalam membuat nasi ayam hainan, minggu yang ada. Awalnya aku begitu serius resepnya benar ada di buku Kitab Masakan Kumpulan Resep Tempo-tempo, jadi beserta penuh pede saya bukan berusaha menelaah tahu semakin jauh di website. Namun demikian ternyata setelah bahan-bahan ready di dapur dan zaman setengah jam telah aku habiskan menyidik resep karena resep tatkala buku setebal batako berikut, tidak ada ahad pun perintah hainan ataupun mirip-mirip hainan saya temukan.

Mau klik ke web - web malas rasa-rasanya, sepanjang hari Sabtu kemarin hingga Minggu sore berikut saya bukan menyentuh notebook dan internet sama sekali. Tarikh Sabtu, hamba habiskan seharian di Balai Kartini - kebetulan pangkalan saya menggagas booth yang Kompas Job Fair, dan Minggu awal hingga sore ini beta acting guna upik abu membersihkan graha Pete yang sudah satu ahad ini ditinggal asisten bersih-bersihnya. Karena kelaparan berat jualah yang memaksa saya ke dapur & resep nasi ayam hainan ini impak utak-atik abdi di di balik.



Cara membuat resepi nasi ayam sedap:

Bersihkan ayam dari tundak halus yang melekat, pengeratan ceker, tunggir, leher serta kepalanya. Sisihkan bagian-bagian ityu, kita mau menggunakannya untuk membuat kuah.

Letakkan ayam diatas talenan atau teritori datar lainnya, ambil segenggam garam punggung kemudian gosok-gosokkan garam ke seluruh sesi ayam memakai telapak tangan. Lakukan laksana kita pada itu men-scrubbing sisik ketika luluran: ). Lakukan hingga semua permukaan ayam licin & bersih. Kulit ayam terasa kesat pada dipegang. Bahwa permukaan ayam masih terasa berlendir, scrub lagi hingga bersih. Dan kemudian cuci ayam di uap mengalir lalu garam terang.

Nah, ayam telah selesai kita facial sekarang saya akan merebusnya. Masukkan penggalan jahe, berambang bombay & bawang murni ke di dalam rongga ayam. Sisihkan. Siapkan panci, izinkan 1 liter air, lantas masukkan ayam, kecap masin, garam, dan saus tiram ke di panci. Mengetim hingga ayam setengah masak.

Selama merebus, buang ruap yang tampil ke parasan hingga kuah benar-benar lepas busa. Ruap ini menimbulkan rasa yang bukan enak pada kuah rebusan. Matikan bara, tiriskan ayam. Sambil menunggu ayam dingin agar bisa dipotong, saya masak nasinya terlebih lalu.



Memasak nasi:

Masukkan melukut yang telah dicuci ke di rice cooker, beri 400 ml kaldu bekas membubuk ayam. Balig beras sampai matang. Sisihkan.

Menumis ayam:

Belah ayam menjadi 4 bagian, masukkan bumbu yang terdapat dalam rongga ayam ke dalam kuah kaldu. Sisihkan lepas kuah kaldunya karena member akan menyangrai ayam.

Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis umbi lapis putih serta bawang bombay hingga megah, masukkan lada, kaldu bubuk, gula ramal, garam, saus tiram, ocehan asin & kecap menawan, tambahkan kira-kira 200 ml kuah kaldu ke tumisan. Aduk peras.

Masukkan ayam dan serabut shiitake, kacau rata dan masak lalu ayam cukup umur dan kuah habis. Sisihkan.

Membuat kuah kaldu:

Panaskan sisa kaldu yang telah dimasukkan bumbu tanda merebus ayam, tambahkan 300 ml uap, potongan kepala negeri, leher, kuku ayam, kaldu bubuk, merica dan gusar. Aduk dan masak hingga daging empuk. Cicipi rasanya. Masukkan patera bawang, aduk rata & angkat.

Penyajian:

Siapkan petak saji, letakkan nasi diatasnya dan 1 potong sesi ayam yang telah diiris-iris seukuran yang surat keterangan untuk dimakan (bite size), siram kuah tumisan ayam dan serat shiitake terangkat ayam. Sajikan nasi rapi kuah kaldu yang diletakkan di mangkuk terpisah & saus sambal.

Write a comment

Comments: 2