Morfologi dan Klasifikasi Bunga Sepatu

Lalu ulasan menggoleng Morfologi, Klasifikasi, Ekologi Kembang sepatu.

a. Susunan

Bunga berisi dari 5 helai paru-paru kelopak yang dilindungi oleh kelopak tambahan(epicalyx) sehingga terlihat seperti 2 lapis pelupuk bunga. Mahkota bunga berisi dari 5 lembar ataupun lebih jika merupakan hibrida. Tangkai bakal buah berbentuk bumbung panjang dikelilingi tangkai induk berbentuk oval yang berserak-serak serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah maujud kapsul berbilik lima. Bunga berbentuk terompetdengan diameter komplemen sekitar 5 cm. sampai 20 cm. Putik (pistilum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Bunga bisa membengkar menghadap ke atas, ke lembah, atau menghadap ke pinggir. Pada umumnya, tanaman bertemperamen steril dan tidak merupakan buah (Anonim, 2011).

b. Klasifikasi

Mengenai Klasifikasi dan Morfologi Bunga Kembang Sepatu klasifikasi kembang sepatu dari sisi Plantamor, 2011 adalah serupa berikut:

Kingdom: Plantae

Kelompok: Spermatophyta

Kelas: Dicotyledoneae

Rumpun: Malvales

Klan: Malvaceae

Genus: Hibiscus

Famili: Hibiscus rosa-sinensis

c. Kosmos

Hibiscus rosa-sinensis (kembang sepatu) dapat tumbuh pada wilayah tropis & subtropis, dengan ketinggian meraih 1. 700 meter yang atas pernukaan laut. Tipe tanah yang dapat ditumbuhi oleh sekar sepatu adalah tanah sendat dan berbatu-batu, banyak berisi unsur unsur dengan kelembaban berkisar sempang 31-33%. Mencurah hujan yang dibutuhkan berkisar antara 670-4. 200 mm per tahun, suhu berkisar antara 26-30°, pH zona berkisar antara 5, 5. Daerah penyebarannya yaitu India danTiongkok (Morton, J. 1987).

d. Nilai medis

Peparu, bunga, & akar Hibiscus rosa-sinensis mengandung flavonoida. Ketika samping ini daunnnya pun mengandung saponin dan polifenol, bunga berisi polifenol, akarnya juga terdapat tanin, saponin, skopoletin, cleomiscosin A, serta cleomiscosin C. Daun Hibiscus rosa-sinensis menguntungkan sebagai obat demam pada anak-anak, obat batuk, dan obat sariawan. Daun Hibiscus rosa-sinensis menguntungkan sebagai obat demam pada anak-anak, obat batuk, serta obat sariawan. Ekstrak etanolik bunga kembang sepatu juga dilaporkan dapat membongkar kadar kolesterol darah keseluruhan dan menurunkan kadar gula darah (Sachdewa A, and Khemani LD, 2003).

e. Nilai komersial

Hibiscus rosa-sinensis (kembang sepatu) banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias soalnya bunganya yang sangat indah. Selain hal itu, Martha Tilaar sendiri lalu mengeluarkan 4 produk yang mengandung induk bunga kembang sepatu ini. Keempat produk hal itu adalah night cream yang juga mengandung konsentrat madu, bersama produk UV Whitening yang lain seperti mask cream, night cream, & facial scrub yang tentunya setiap komoditas tersebut masing-masing mempunyai sistem jual (Van Steenis, 2000).