Kelebihan Membaca Surat Al Kahfi Di Hari Jumat

Surat al kahfi adalah tercakup surat yang istimewa diantara surat-surat yang lain di dalam al-Quran. Bukti kekuatan atau keutamaannya adalah disunahkan untuk dibaca pada hari jumat. Nabi saw melepaskan beberapa taklimat terkait masalah ini. Dan diantara kekuatan surat al kahfi tersebut adalah bagi pembacanya hendak mendapatkan:

1. Mendapat Sinar

Terdapat beberapa hadis yang menjelaskan mutu pembaca Surat al Kahfi akan meraih cahaya. Serta cahaa yang diberikan ini juga dalam berbagai wujud.



2. Diampuni Dosa

Semua manusia ketika hari pucuk butuh lepas dari Sang pencipta. Jika kealpaan dan lemah yang dimiliki manusia bertumpuk, sementara ganjaran yang tersumbat hanya sekutil, maka tentu mendebarkan hati jika cukup dosanya tersebut menjadi sumber masuk si ngiang-ngiang. Maka saat itu dia sangat memerlukan ampunan Yang mahakuasa. Jika sungguh diampuni dan bersih seluruh dosa, yang dia punya tinggal pahalanya. Surat al Kahfi berikut menjadi perlengkapan datangnya lepas Allah renggangan dua jumat yang dilaluinya.

3. Dilindungi Dari Hasutan Dajjal

Tidak ada manusia yang tahu tepat kapan Dajjal akan tampak. Namun sesuai dengan berbagai keterangan hadis, dajjal lusa di selesai jaman, pada membawa umpat yang meruncingkan aqidah pribadi. Dajjal memiliki berbagai kompetensi di pendatang kemampuan manusia normal.

Lewat akan datang tandus panjang. Ketika itu mulai dari muncul kekurangan dan kelaparan. Di sinilah peran Dajjal datang menggunakan membawa ujian. Penduduk ketika suatu kawasan yang tidak target tunduk saat Dajjal akan dibiarkan ketohoran. Namun kalau mau tawaduk, Dajjal akan menurunkan tahi angin.

Dajjal juga memiliki kompetensi kecepatan ] dari wahid tempat ke tempat unik. Hanya saja dia tidak sanggup memasuki Mekah dan Madinah. Juga hendak bersamanya seakan surga dan neraka. Apabila tidak waspada akan banyak diantara kita tertipu menggunakan ujian berikut hingga berpaling dari religi.

4. Meneguhkan Iman

Surat al Kahfi berisi kisah-kisah di dalamnya. Diantaranya skandal ashabul Kahfi, kisah pencedok dua sesapan, kisah Surat Al Kahfi Nabi Musa beserta nabi Khidir, dan kisah raja Dzulkarnain. Kisah ashabul Kahfi mengandung tentang getah perca pemuda yang mempertahankan ketentuan hingga pantas mengasingkan muncul di lajur.

Kisah Nabi Musa beserta Nabi Khidir mengisahkan mengenai Nabi Musa yang berguru pada wong beriman Rasul Khidir yang sering berseberangan dengan aliran Nabi Musa. Namun ternyata Nabi Khidir memiliki kompetensi yang terdapat hikmah yang tak dimiliki rasul Musa.

Zaman Membaca Surat Al Kahfi

Surat al Kahfi disunahkan untuk dibaca pada pada setiap hari jumat. Dalam Islam perhitungan tarikh adalah dimulai dari setelah terbenamnya matahari dan finis pada detik terbenam matahari di hari berikutnya. Jadi awal perian jumat untuk Islam dimulai malam jumat atau tarikh kamis sehabis maghrib terlintas hari jumat sebelum maghrib.

Maka membaca surat al-kahfi yang ulung bisa dikerjakan malam jumat atau tengah hari hari pada hari jumat. Imam Syafii menjelaskan dalam kitabnya Al-Umm bahwa adat membaca Surat al Kahfi dibaca pada malam Jumat atau siang harinya menurut berbagai hal.